Kekeringan, 20 desa dapat proyek air


Wonogiri
Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri akan membangun tempat air minum pedesaan (AMP) di 20 desa di 13 kecamatan. Pembangunan itu akan menelan biaya sekitar Rp 1,2 miliar dari Dana Alokasi Khusus 2010 dan dana pendamping sebesar 10 persennya.


Menurut petugas Permukiman Tata Ruang (Kimtaru) DPU Wonogiri, Widhiyanto, proyek itu untuk membantu masyarakat yang masih kesulitan air. ”Mereka (desa-red) aktif dengan mengajukan proposal. Lalu disurvei dan yang berhak adalah yang paling krisis air dan paling membutuhkan,” kata Widhiyanto saat ditemui, di kantornya, Senin (4/1).
Dana tersebut, kata Widhi, akan diberikan dalam bentuk sumur bor, listrik, pipa dan instalasi lainnya. Desa yang mendapat program tersebut di antaranya Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo dan Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo.
”Dua desa yakni Sambiroto dan Sumberagung yang telah mendapat program AMP 2009 kini telah mengadakan perpipaan langsung ke rumah-rumah warga. Ini dana swadaya masyarakat,” tambah Widhi.
Kepala Desa Sumberagung, Mulyadi, saat dihubungi, mengatakan pipa yang menyalurkan induk ke rumah warga adalah dana masyarakat. ”Ada sekitar 40 keluarga yang telah menyambungkan pipanya. Rencana akan tambah 25 rumah lagi,” katanya.
Dengan adanya perpipaan hingga ke rumah warga ini, masyarakat mendapat kemudahan akses air bersih. “Tidak perlu jauh-jauh nyarinya,” tambahnya.
Sedang di Desa Sambiroto terdapat 140 warga yang telah menghubungkan pipa ke rumahnya. ”Ini tergantung warga setempat. Semakin banyak warga yang memasang akan semakin baik. Dua desa tersebut dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya yang belum menggunakan sistem ini,” katanya.
Pembangunan akan dimulai pada Januari ini hingga akhir tahun. Daerah tempat proyek AMP ini termasuk yang tidak masuk pelayanan PDAM Wonogiri. “Misal Kota Kecamatan Giritontro termasuk daerah pelayanan PDAM maka tidak mendapat program ini,” kata Widhi. Pada 2009 terdapat 34 desa di 16 kecamatan yang mendapat bantuan AMP ini. Di antaranya Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro dan Desa Sumberagung, Kecamatan Batuwarno.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: