13.601 Orang Lansia telantar


Wonogiri
Sebanyak 13.601 orang lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Wonogiri, berdasarkan data terakhir tahun 2009, dilaporkan dalam kondisi telantar. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 11.774 orang.


Bentuk penelantaran dimaksud di antaranya karena ketidakmampuan ekonomi, tidak adanya anggota keluarga yang mau merawat dan sebagainya. Dibandingkan dengan jumlah keseluruhan warga Lansia di Wonogiri yang mencapai 407.629 orang, mereka yang telantar itu memang tergolong sedikit. Namun, hal itu menunjukkan fakta bahwa diperlukan perhatian yang lebih besar dalam penanganan para warga Lansia dan peningkatan kesejahteraan mereka.
Terlebih, hingga saat ini, seperti diungkapkan Kepala Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, Siti Muchalimah SP, baru sebanyak 352 orang Lansia yang tertangani oleh Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri pada 2008 dan sebanyak 245 orang yang tertangani pada 2009. Penanganannya dalam dua cara, yaitu di dalam dan di luar panti wreda.
”Penanganan warga Lansia di luar panti dilakukan dengan memberdayakan Lansia yang masih produktif, memberikan mereka pelatihan keterampilan dan modal agar mereka bisa membuka usaha. Sedangkan bagi Lansia yang sudah tidak produktif, diberikan santunan,” jelasnya, saat ditemui di sela-sela sosialisasi pembentukan Komisi Daerah (Komda) Lansia di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (16/12). Ima, sapaan akrab Siti Muchalimah, mengatakan penanganan Lansia itu seharusnya dilakukan secara terpadu oleh sejumlah instansi, seperti Dinas Kesehatan, Badan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: