Bodi motor balap buatan Pule siap digeber

Selogiri

Kreativitas dan niat untuk keluar dari pengangguran menjadi modal utama dalam menggeluti usaha. Dari niat itu, akhirnya Bambang Sutrisno, 30, warga Gemuntren RT 4/RW V, Pule, Selogiri mampu menghidupi dirinya dengan ketrampilan yang dimiliki, yaitu mencetak fairing motor untuk diubah sehingga berbeda dari bentuk semula, termasuk bodi ala motor sport yang siap digeber.

Saat berbincang dengan Espos di rumahnya yang menjadi bengkel kerja, beberapa waktu lalu, Bambang mengaku baru tiga tahun menekuni ketrampilan membuat fairing dari bahan fiberglas. ”Untuk merakit modifikasi motor secara menyeluruh, total dibutuhkan waktu satu hingga dua bulan.”
Kenapa lama? Bambang yang kini cukup dikenal oleh kalangan motor GP ala Wonogiri menceritakan bentuk modifikasi harus dicetak sesuai keinginan dan lekuk motor. ”Jika asal-asalan kasihan pemilik karena tidak nyaman dinaiki. Padahal yang namanya modifikasi itu, pemilik mementingkan kenyamanan.”
Dari hasil kerjanya itu, penghasilan yang diperoleh cukup lumayan, berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. ”Yang kami garap ini (dalam foto-red) adalah motor bebek yang kami ubah menjadi motor sport. Bentuk kami sesuaikan dengan gambar di media cetak.”
Dia menceritakan keahliannya itu diperoleh secara autodidak, dengan sering membaca majalah otomotif dan otak-atik motor miliknya. Alhasil, tiang rumah yang terbuat dari kayu pun berubah menjadi bentuk stalaktit karena dijadikan sasaran membuang sisa resin. ”Semua alat, jika sudah selesai harus dibersihkan seketika. Kalau tidak bersih, tidak bisa dipakai lagi.”
Kades Pule, Sugimo, mengatakan telah mendata potensi pemuda. Menurutnya, ketrampilan yang dimiliki Bambang akan dikembangkan menjadi salah satu potensi desa. ”Siapa tahu, motor GP yang dikendarai pembalap nasional nanti ciptaan dari Pule. Karena dengan melihat gambar, sudah bisa menyerupai motor balap asli.”
Sugimo mengatakan pelatihan-pelatihan pemuda akan menjadi prioritas, sehingga jumlah penganggur di Pule semakin menipis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: