Pemkab berkeras cabut dua Perda soal PNS


Wonogiri
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berkeras mencabut dua peraturan daerah (Perda) yang dinilai tidak relevan untuk dilaksanakan.

Mengenai dana prestasi pegawai negeri sipil (PNS) yang pensiun, hal tersebut akan disesuaikan dengan keuangan daerah.


Bupati Wonogiri, Begug Poernomosidi, mengatakan pencabutan Perda No 16/2002 tentang pemberhentian PNS secara otomatis akan berpengaruh terhadap perpanjangan batas usia pensiunnya dari 56 tahun menjadi 60 tahun.
Dia mengatakan dengan pencabutan Perda tersebut, Bupati selaku pembina kepegawaian daerah akan lebih fleksibel dalam mengambil kebijakan, termasuk membatasi usia pensiun PNS eselon II pada usia 56 tahun atau memperpanjang hingga 60 tahun sesuai dengan situasi dan kondisinya.
”Tetapi bukan keharusan, sehingga tidak akan menghambat regenerasi struktural di bawahnya,” papar dia ketika menyampaikan jawaban Bupati Wonogiri atas pemandangan umum fraksi DPRD di Gedung Dewan, Senin (19/10).
Menjawab kekhawatiran anggota Dewan akan ada sikap subjektif pimpinan dalam penundaan pensiun, Begug mengatakan berdasarkan surat edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No SE/04/M- PAN/03/2006, disampaikan mekanisme usulan perpanjangan batas usia pensiun eselon II ditetapkan setelah mendapatkan pertimbangan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).
“Sehingga insya Allah unsur subjektivitasnya dapat dihindari,” jelas dia.
Sementara itu, pertimbangan pencabutan Perda No 62005 tentang pemberian prestasi kerja bagi PNS yang pensiun adalah faktor yuridis formal, di mana tercantum dalam Permendagri terdapat landasan pemberian tambahan penghasilan bagi PNS.
Dia menambahkan apabila Perda tersebut dicabut maka akan menambah kemampuan keuangan daerah terhadap belanja lainnya. ”Secara normatif Perda itu masih berlaku sehingga penghargaan prestasi kerja seharusnya tidak ditarik kembali,” papar dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: