Pohon Suweg Mirip Bunga Bangkai Bikin Heboh


BANTUL – Warga Dusun Kweden, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, DIY, dihebohkan dengan munculnya sebuah bunga yang mirip bunga bangkai di kawasan peternakan sapi di dusun setempat. Yang membuat heran warga, bunga itu tumbuh dari bibit suweg (Amorphophallus Campanulatus) yang ditanam 20 hari lalu.

Kemunculan bunga yang memiliki ketinggian 40 cm dan diameter bunga 30 cm itu sebenarnya sudah diketahui sejak Senin (11/10/2009) lalu.

“Awalnya hanya kuncup saja, dan sejak dua hari lalu barulah bunga itu mekar dengan mahkota bunga berwarna hitam serta daun bunga hijau,” ujar Ny Edy Sutrisno (61), sang penanam saat ditemui, Rabu (14/10/2009).

Tapi secara khusus, keheranan Edy dan warga yang lain disebabkan karena bunga yang muncul berasal dari satu dari dua bibit suweg yang 20 hari lalu ditanam bersamaan. Sedangkan biji suweg yang satunya, sudah tumbuh pohon berwarna hijau dengan bercak putih berketinggian lebih dari satu meter.

Edy menceritakan, awal dirinya menanam bibit suweg itu sebagai kegiatan iseng saja karena adanya sisa dari buah suweg yang didapatkan. Menurutnya, buah suweg itu dia peroleh dari kediaman adik kandungnya di Wonosari, Gunungkidul.

“Setelah bosen memakannya, akhirnya dua buah itu saya putuskan di tanah yang dulunya menjadi tempat pembuangan kotoran sapi. Saya tidak pernah merawatnya maupun memperhatikannya hingga muncul bunga itu,” katanya.

Edy juga menyatakan dirinya sama sekali tidak mendapatkan firasat apa-apa menjelang hingga kemunculan bunga itu.

Sementara itu, Muhdi salah satu peternak menyatakan, keanehan warga untuk berbondong-bondong melihat bunga itu adalah bentuknya yang mirip dengan bunga bangkai, namun tidak mengeluarkan bau.

“Terus terang warga tidak pernah melihat bunga seperti itu maupun pohon suweg. Tapi yang membikin heran kami, kok yang berbunga hanya satu, sedangkan yang satunya lagi tumbuh normal,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: