Wonogiri Berpotensi Gempa Bumi


WONOGIRI

Semua kecamatan di Kabupaten Wonogiri memiliki potensi terlanda gempa bumi sehingga pemerintah kabupaten menyiapkan langkah antisipasi.

“Dua kecamatan termasuk dalam kategori skor satu dengan tingkat dampak terbesar jika terjadi gempa bumi,” kata Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Wonogiri Gatot Gunawan,kemarin. Dua wilayah kecamatan yang masuk dalam kategori skor 1, kata dia, adalah Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Sidoharjo.“Dalam dua kecamatan tersebut,ada enam desa yang masuk peta gempa kategori skor 1,yaitu Desa Glesung Rejo, GambirAnom,Baturetno,Se-wukan, Kayulopo,dan Sidoharjo,”katanya.

Dia mengatakan topografi daerah dengan tanah labil dan berbu-kit menjadi faktor penyebab daerahdaerah tersebut termasuk ke dalam kategori skor satu.Wilayah yang masuk kategori berpotensi gempa dengan skor dua,lanjutnya,ada sembilan kecamatan,yaitu Kecamatan Girimarto, Girimoyo,Jatipurnomo,Jatiroto, Jatisrono,Pracimantoro,Wuntoronadi, Giritontro,dan Selogiri. “Sebanyak 14 kecamatan yang tidak termasuk ke dalam kategori satu dan dua, termasuk dalam kategori skor tiga,”kata dia.

Dia mengatakan pemetaan tersebut berdasarkan data dari Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Untuk bencana gempa,kata dia,selama ini Wonogiri pernah terimbas dampak gempa Jateng-DIY beberapa tahun lalu. “Namun, waktu itu hanya terjadi kerusakan fisik,korban jiwa tidak ada,”katanya.Dia mengatakan Pemkab Wonogiri sudah menyiapkan langkah antisipasi terhadap dampak gempa bumi yang sewaktuwaktu terjadi.“Beberapa langkah antisipasi tersebut antara lain pendataan daerah yang berpotensi terkena dampak gempa,menggelar pelatihan penyelamatan, menjalin koordinasi dengan dinas terkait, persiapan pendirian posko, dan menyebarkan peta daerah rawan ke masyarakat Wonogiri,”kata Gatot.

Sementara itu Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Budi Waluyo mengatakan potensi kekuatan gempa di selatan Pulau Jawa khususnya Yogyakarta (DIY) masih di bawah potensi kekuatan gempa di barat Sumatra. “Potensi kekuatan gempa di selatan Jawa memang tinggi, mencapai 8 Skala Richter (SR),tetapi masih di bawah potensi di barat Sumatra,” kata Budi,kemarin.Ia mengatakan dalam catatan sejarah gempa di selatan Pulau Jawa,kekuatan gempa paling besar mencapai 8,1 SR di selatan Jawa Barat, dan umumnya gempa di selatan Jawa berkisar 8 SR ke bawah,”katanya.

“Namun potensi gempa dengan kekuatan di atas 8 SR lebih banyak terjadi di barat Sumatra karena berdasarkan penelitian tumbukan antara dua lempeng bumi didaerah ter-sebut memiliki ‘tunjaman’ lebih dalam dibanding selatan Jawa sehingga energi yang terkumpul lebih besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: