Teleskop Hubble Rekam Tabrakan Antargalaksi

WASHINGTON—MI: Sejumlah gambar menakjubkan yang memperlihatkan tabrakan antargalaksi yang berhasil direkam teleskop ruang angkasa Hubble, dirilis Kamis (24/4) oleh Space Telescope Science Institute (STScI) yang bermarkas di Maryland, Amerika Serikat.

Dalam 59 gambar yang dirilis tersebut, terlihat galaksi-galaksi tersebut saling berputar, mendorong dan menyelinap hingga membuat galaksi baru yang lebih besar. Gambar-gambar ini dirilis dalam bagian perayaan 18 tahun peluncuran Hubble ke ruang angkasa.

“Ini merupakan gambar dramatis terbaru yang berhasil direkam Hubble. Gambar ini memperlihatkan bagaimana benturan antargalaksi menghasilkan struktur baru yang tidak beraturan dan tidak pernah terlihat sangat detil sebelumnya,” jelas STScI dalam pernyataanya.

“Para ahli astronomi hanya bisa mengamati satu dari jutaan galaksi yang ada di jagad raya saat saling bertabrakan. Selama ini penggabungan antargalaksi jauh lebih umum ketika saling berdekatan,” jelas pernyataan tersebut.

Penggabungan antargalaksi sendiri memerlukan waktu jutaan tahun. Sementara cahaya yang dipancarkan melewati waktu puluhan juta tahun untuk bisa menyeberangi ruang angkasa. Kamera yang ada di Hubble, yang mengorbit di luar atmosfir bumi, bisa merekam dengan sangat tajam kejadian yang ada di ruang angkasa.

Hubble sendiri menurut rencana akan selesai menjalankan misinya Agustus tahu ini. Tahun 2013, teleskop ruang angkasa James Webb akan diluncurkan untuk menggantikan Hubble.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: