Pintu air Waduk Gajah Mungkur dibuka

Wonogiri Perum Jasa Tirta (PJT) I Bengawan Solo, Kamis (5/2), membuka pintu air (spillway) Waduk Gajah Mungkur (WGM), menyusul naiknya elevasi permukaan air WGM hingga menyentuh ambang batas yang ditentukan.

”Berdasarkan prosedur, elevasi WGM memang harus terjaga antara titik 135,3 meter hingga 136 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hari ini (kemarin—red), kami putuskan untuk membuka pintu air untuk menjaga kestabilan waduk, karena ketinggian air sudah mendekati ambang siaga I,” terang Kepala Divisi Air dan Sumber Air (ASA) PJT I Bengawan Solo, Suwartono, saat dihubungi Espos, kemarin.
Berdasarkan data yang dihimpun Espos di area pintu air WGM, Kamis siang, tingkat elevasi WGM telah mencapai 135,3 meter. Sementara pada malam harinya, ketinggian muka air relatif stabil pada ketinggian itu, di mana inflow mencapai 100 meter kubik per detik, dan outflow melalui spillway 50 meter kubik per detik. Berdasarkan kondisi itu, PJT akhirnya membuka dua pintu air dengan lebar bukaan masing-masing setengah meter. Total debit air yang disalurkan ke Bengawan Solo melalui spillway adalah 50 meter kubik per detik. Kendati begitu, Suwartono memastikan aliran dari WGM ini tidak akan berpengaruh signifikan terhadap debit air Bengawan Solo secara keseluruhan.
”Air limpahan dari WGM sangat kecil pengaruhnya kepada debit air Bengawan Solo secara umum. Pasalnya, kontribusi terbesar untuk debit air Bengawan Solo justru didapat dari anak-anak sungai di bawah waduk, seperti Kali Walikan.”
Suwartono menggambarkan elevasi air di Jurug, kemarin, tercatat 4,6 meter. Ambang batas siaga I untuk Jurug sendiri adalah delapan meter. Dengan ketinggian tersebut, Jurug mampu menampung sekitar 1.000 meter kubik per detik. ”Jadi, kalau kami tambah alirannya sekitar 50 meter kubik per detik, hal ini tidak akan berpengaruh besar. Secara persentase jumlahnya tidak sampai 10%.” Suwartono belum bisa memastikan sampai kapan PJT membuka pintu air WGM. Namun, ia mengatakan dalam pengoperasian WGM, PJT tetap berpegang pada prosedur yang telah ditetapkan pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: